Memberi dan menerima adalah sebuah tindakan yang lazim dilakukan oleh sesama manusia selayaknya makhluk sosial. Konteks memberi tidak hanya terpaku terhadap barang saja. Memberikan jasa atau bantuan berupa pertolongan juga merupakan tindakan memberi kepada sesama. Misalnya saat teman sedang dalam kesulitan dan kita hadir untuk memberikan bantuan berupa tenaga, hal tersebut pun merupakan bentuk memberi.
Sebagai seseorang yang mendapatkan bantuan, memberikan apresiasi sebagai timbal balik merupakan hal lazim dilakukan. Hal ini merupakan bentuk saling menghargai dan menghormati sesama. Terlepas dari itu, mendengarkan cerita atau keluhan teman pun bisa menjadi bentuk memberi bantuan. Meskipun kita sebagai pendengar berada di posisi menerima, namun bentuk mendengarkan tersebut merupakan tindakan bantuan yang diberikan kepada teman.
Selain melakukan komunikasi langsung seacara tatap muka, biasanya telepon merupakan media yang sering digunakan untuk saling bertukar cerita. Entah melalui telepon langsung atau bertukar pesan, terdapat tata krama yang ada dalam melakukan komunikasi secara tidak langsung ini. Misalnya seperti menanyakan sedang senggang atau tidak terlebih dahulu, apakah boleh untuk bercerita, dan hal-hal yang selayaknya dibicarakan sesama teman dalam bercerita.
Hal-hal tersebut biasanya ditemui saat menjalin komunikasi dengan teman atau kerabat. Hal berbeda tentu ditemui saat melakukan panggilan dalam dunia bisnis. Bahasa yang digunakan harus formal dan sopan saat melakukan percakapan. Kemudian sebagai penerima telepon harus menanyakan kebutuhan tamu serta memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tamu. Maka dari itu, materi yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara menerima telepon dalam bahasa Jepang bisnis.
Sebelum membahas mengenai ungkapan yang akan digunakan dalam percakapan menerima telepon dalam bahasa Jepang bisnis, alangkah baiknya teman-teman untuk mengetahui kosakata apa saja yang biasanya digunakan saat menerima telepon dalam bahasa Jepang bisnis.
Kosakata di atas merupakan sedikit dari banyaknya kosakata yang biasa digunakan saat menerima telepon dalam bahasa Jepang bisnis. Teman-teman harus memahami hal dasar tersebut sebelum melanjutkan ke pembahasan selanjutnya.
おでんわありがとうございます
Ungkapan di atas digunakan saat penerima telepon menerima telepon dari tamu di awal percakapan, arti dari ungkapan tersebut adalah “terima kasih sudah menelepon”. Hal ini harus dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada tamu karena sudah menelepon ke perusahaan kita. Hal kecil ini akan dinilai sebagai tata krama yang baik untuk perusahaan tentunya dengan memberikan sambutan sopan.
おでんわありがとうございます、ABCホテルのケンでございます。
Odenwa arigatou gozaimasu, ABC hoteru no Ken de gozaimasu.
Terima kasih sudah menghubungi, saya Ken dari hotel ABC.
Setelah itu teman-teman harus mengucapkan perusahaan di mana teman-teman bekerja seperti contoh kalimat di atas. Hal ini dilakukan tentu untuk memberikan kesan sopan dan memberikan informasi bahwa nomor yang dihubungi benar. Jangan lupa untuk memberikan ungkapan おでんわありがとうございますsebagai bentuk apresiasi. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan perusahaan dan nama.
ABCホテルマーケティング部のケンでございます。
ABC hoteru maaketingu-bu no Ken de gozaimasu.
Saya Ken bagian marketing dari hotel ABC.
Informasi selanjutnya yang harus diberikan kepada tamu saat melakukan percakapan adalah memberitahu posisi teman-teman saat menerima telepon. Hal ini lazim dilakukan sebagai bentuk pelayanan bisnis. Selain memastikan bahwa tamu sebagai penelepon menghubungi nomor yang tepat, tamu pun berhak mengetahui sedang berbicara dengan siapa agar bisa menyampaikan tujuannya dengan tepat.
たいへんお待たせいたしました。
Taihen omatase itashimashita.
Mohon maaf sudah membuat lama menunggu.
Selain memberikan rasa terima kasih karena sudah menghubungi, apresiasi pun harus dilakukan kepada tamu dalam bentuk permintaan maaf saat kita sebagai penerima telepon melewatkan panggilan telepon. Misalnya saat situasi sedang sibuk dan tidak sempat mengangkat telepon sehingga melewatkan panggilan masuk, maka ungkapan di atas bisa digunakan sebagai bentuk permintaan maaf.
Selanjutnya bila teman-teman sudah mengetahui dan memahami ungkapan apa saja yang digunakan saat menerima telepon dalam bahasa Jepang bisnis, kali ini teman-teman akan diperkenalkan kosakata tentang posisi di perkantoran dalam bahasa Jepang.
Kosakata di atas merupakan sedikit dari banyak bagian atau posisi yang ada dalam dunia bisnis pelayanan bidang perkantoran. Semoga bisa membantu teman-teman dalam mempelajari kosakata baru.
Sekian pembahasan materi hari ini mengenai cara menerima telepon dalam bahasa Jepang bisnis. Semoga contoh-contoh kalimat yang diberikan bisa dipahami dengan baik. Yang terpenting dalam dunia pelayanan bisnis adalah selalu menghargai dan menghormati sesama, memberikan pelayanan terbaik kepada tamu, dan melakukan pekerjaan dengan baik sesuai posisi masing-masing. Maka dari itu berjuanglah dengan apa yang sedang dikerjakan sekarang oleh teman-teman, seperti halnya belajar bahasa Jepang. Ganbarimashou!