Curriculum
Course: Cara Menelepon dalam Bahasa Jepang Bisnis
Login
Text lesson

Menanyakan Nama di Telepon dalam Bahasa Jepang Bisnis

Menanyakan nama merupakan sebuah tindakan lazim untuk dilakukan. Namun dalam beberapa kebudayaan, menanyakan nama akan memberikan kesan kurang nyaman karena menyangkut informasi pribadi. Maka dari itu, hal ini berlaku bergantung pada budaya yang sedang ditempati. Hanya saja dalam dunia kerja bidang pelayanan bisnis, menanyakan nama merupakan sebuah bentuk kewajiban atau keharusan. Pada materi kali ini, kita akan mempelajari cara menanyakan nama di telepon dalam bahasa Jepang bisnis.

Menanyakan Nama di Telepon

Pasalnya dalam dunia kerja bidang pelayanan bisnis selalu berkaitan dengan informasi. Begitu juga dengan identitas berupa nama. Menanyakan nama akan menjadi sebuah informasi berharga bagi sebuah perushaaan, bila suatu saat nanti akan menghubungi kembali karena adanya keperluan atau adanya kejadian yang tidak terduga terjadi. Setidaknya terdapat tiga fungsi dalam menanyakan nama di telepon dalam dunia pelayanan bisnis yang harus mina san ketahui, yaitu sebagai berikut.

  • Memesan

Fungsi pertama yang bisa diberikan dalam menanyakan nama adalah ketika ada tamu yang ingin memesan di sebuah tempat, seperti misalnya saat memesan tempat di restoran atau penginapan di hotel. Dalam membuat reservasi tentu pihak perusahaan membutuhkan identitas diri dari konsumen. Karena menyangkut informasi pribadi orang yang akan memesan, maka ketika akan mengonfirmasi pesanan kembali atau misalnya keperluan mengenai fasilitas, kita bisa mengonfirmasinya dengan baik.

  • Membatalkan

Selain dalam memesan, fungsi dari menanyakan nama pun bisa didapatkan ketika tamu ingin membatalkan pesanan. Sama halnya dengan memesan tempat di restoran atau penginapan di hotel, pembatalan pesanan pun membutuhkan konfirmasi identitas diri konsumen. Identitas diri dibutuhkan untuk bisa melakukan konfirmasi kepada konsumen yang telah memesan sebelumnya.

  • Mencari Seseorang

Menanyakan nama pun dilakukan ketika mencari seseorang saat mina san memiliki kebutuhan berupa mencari kerabat, teman, atau orang dalam sebuah perusahaan. Tentu identitas diri dibutuhkan untuk mencari seseorang. Selain membutuhkan identitas diri dari orang yang sedang dicari dalam perusahaan, identitas diri dari orang yang sedang mencari pun dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan konfirmasi dalam menyampaikan informasi orang yang dicari.

Ungkapan Menanyakan Nama

Lalu bagaimanakah cara untuk menanyakan nama di telepon dalam bahasa Jepang bisnis? Selain memiliki tiga fungsi di atas, menanyakan nama dalam bahasa Jepang bisnis memiliki ungkapan dasar yang kerap digunakan. Seperti ungkapan menanyakan nama berikut ini.

Ungkapan Menanyakan Nama Tamu yang Ingin Memesan

A : すみません。ABC のホテルですか?

B : はい。ABC のホテルのマリナでございます。

A : 予約したいんですが。

B : はい、可能でございます。失礼ですが、お名前をおねがいいたします。

A : はい、マリオです。

A : Sumimasen. ABC no hoteru desuka?

B : Hai, ABC no hoteru no Marina de gozaimasu.

A : Yoyaku shitain desuga.

B : Hai, kanou de gozaimasu. Shitsurei desuga, onamae wo onegai itashimasu.

A : Hai, Mario desu.

A : Permisi, apakah dengan hotel ABC?

B : Iya benar, saya Marina dari hotel ABC.

A : Saya ingin membuat pesanan.

B : Baik, silakan. Maaf, tolong beritahu nama Anda.

A : Nama saya Mario.

Percakapan di atas merupakan contoh sederhana dari menanyakan nama dalam bahasa Jepang pelayanan bisnis. Contoh percakapan di atas adalah dalam bidang pelayanan jasa hotel. Konteks percakapan di atas pun mencakup memesan kamar di hotel, seperti yang terdapat pada percakapan di atas bahwa pihak perushaaan membutuhkan identitas diri berupa nama untuk memastikan konsumen.

Ungkapan Menanyakan Nama Tamu yang Ingin Membatalkan Pesanan

A : こんにちは。コーヒーカフェのキムラでございます。

B : えーと、すみません。ケンです、今日の予約したんですがキャンセルできますか。

A : そうですか。はい、可能でございます。恐れ入りますが、お名前はケン様ですか。

B : はい、そうです。

A : Konnichiwa. Koohii kafe no Kimura de gozaimasu.

B : Eeto, sumimasen. Ken desu, kyou no yoyaku shitan desuga kyanseru dekimasuka.

A : Soudesuka. Hai, kanou de gozaimasu.  Osore irimasuga, onamae wa Ken sama desuka.

B : Hai, sou desu.

A : Selamat siang, dengan saya Kimura dari koohii kafe.

B : Permisi. Saya Ken yang sudah melakukan pemesanan hari ini, bisakah saya melakukan pembatalan?

A : Oh begitu, Baik tentu saja bisa. Permisi, apakah nama Anda adalah Ken?

B : Iya benar.

Percakapan di atas memiliki latar sebuah komunikasi antara konsumen dan pihak pelayanan, kemudian konteks pembicaraan adalah sebuah pembatalan yang diajukan seorang konsumen kepada pihak restoran. Dalam hal ini identitas berupa nama pun diperlukan sebagai penangung jawab pemesan sebelumnya, untuk memastikan nama sesuai dengan pemesan dan orang yang membatalkan pesanan. Maka dari itu menanyakan nama merupakan faktor penting untuk membatalkan pesanan.

Simpulan

Setelah membahas mengenai cara menanyakan nama dalam bahasa Jepang bisnis, semoga mina san dapat memahami fungsi-fungsi dan kegunaan dari menanyakan nama dalam bahasa Jepang pelayanan bisnis. Poin penting yang harus dipahami adalah tiga hal yang sudah disampaikan mengenai memesan, membatalkan, dan mencari seseorang.

Apabila mina san sudah memahami ketiga fungsi tersebut maka tahapan pertama sudah dilewati mengenai menanyakan nama dalam bahasa Jepang bisnis, kemudian tahapan selanjutnya adalah mina san harus memahami ungkapan-ungkapan yang biasanya digunakan dalam dunia pelayanan bisnis kerja. Pada dasarnya dalam bahasa Jepang maupun bahasa Indonesia atau budaya bahasa di mana pun, sopan santun merupakan poin penting. Maka dari itu, pastikan bertanya dengan baik dan sopan kepada siapa pun serta perhatikan selalu tindak laku agar tidak memberikan kesan buruk kepada lawan bicara.