Cara menyambut tamu dilakukan dengan mengucapkan salam atau kata-kata sambutan kepada yang datang. Sambutan identik dengan sebuah apresiasi ketika seseorang berkunjung ke rumah atau tempat yang sedang kita naungi. Misalnya saat ada kunjungan antar perusahaan, sudah seharusnya kita sebagai bagian dari perusahaan yang mendapat kunjungan memberikan sambutan kepada tamu. Hal ini pun berlaku bila ada tamu yang berkunjung ke rumah, tentu sebagai tuan rumah yang baik akan memberi sambutan demi kenyamanan tamu.
Sambutan pun menjadi poin penting dalam dunia bisnis kerja. Dalam bidang makanan dan minuman misalnya seperti restoran. Bentuk pelayanan jasa pertama yang diberikan adalah menyambut kedatangan tamu serta menanyakan apa kebutuhan tamu. Materi kali ini akan membahas secara singkat dan sederhana bagaimana ungkapan menyambut tamu di restoran dalam bahasa Jepang yang biasa digunakan.
Seperti yang telah diketahui teman-teman awam maupun pembelajaran bahasa Jepang, biasanya sambutan selamat datang yang diberikan kepada tamu di restoran di awali dengan ungkapan いらっしゃいませ. Ungkapan satu ini merupakan kalimat yang kerap kali diucapkan para pelayan di bidang bisnis kerja restoran. Kemudian tamu akan ditanyakan berapa banyak tamu yang datang ke restoran dan apa saja yang dibutuhkan.
Tahapan yang biasanya dilakukan adalah memberikan ungkapan selamat datang, lalu pelayan akan menanyakan berapa banyak tamu yang datang. Setelah itu dipersilahkan duduk di tempat yang diinginkan oleh tamu sambil menunggu pesanan, selepas itu tidak lupa untuk memberikan ungkapan mohon menunggu sebentar atau 少々お待ちくださいsebagai bentuk pelayanan kepada tamu. Saat makanan datang dan tersaji, dilanjutkan dengan ungkapan お待たせいたしましたsebagai apreasiasi bahwa tamu sudah mau menunggu makanan dan minuman datang.
Pelayanan terbaik berawal dari bagaimana pelayanan memperlakukan tamu yang datang, berikut merupakan contoh-contoh ungkapan menyambut tamu di restoran kan dalam bahasa Jepang yang biasanya digunakan :
店員 : いらっしゃいませ。何名様でいらっしゃいますか
お客様 : 二人です。
店員 : はい、こちらへどうぞ。
Tenin : Irasshaimase. Nanme sama de irasshaimasuka?
Okyaku sama : Futari desu.
Tenin : Hai, kochira e douzo.
Pelayan : Selamat datang. Untuk berapa orang?
Tamu : Dua orang.
Pelayan : Baik, silahkan disini.
店員 : ご注文はお決まりでしょうか。
お客様 : ラーメンセットは二つおねがいします。
店員 : かしこまりました。少々待ちください。
Tenin. : Gochuumon wa okimari deshouka?
Okyaku sama : Raamen setto wa futatsu onegaishimasu.
Tenin : Kashi komarimashita. Shoushou machikudasai.
Pelayan : Apakah sudah siap untuk memesan?
Tamu : Tolong dua paket ramen.
Pelayan : Baik (saya mengerti). Mohon tunggu sebentar.
店員 : お待たせいたしました。二つラーメンセットでございます。
お客様 : ありがとうございます。
Tenin : Omatase itashimashita. Futatsu raamen setto de gozaimasu.
Okyaku sama : Arigatou gozaimasu.
Pelayan : Mohon maaf telah menunggu. Silahkan dua paket ramen nya.
Tamu : Terima kasih.
Tiga tahapan di atas merupakan sebuah pola yang biasanya digunakan oleh pelayan saat melayani tamu, dan contoh-contoh kalimat di atas merupakan ungkapan yang digunakan pada dunia bisnis bidang pelayanan makanan dan minuman atau restoran. Ada pula tambahan ungkapan yang biasanya diucapkan, misalnya seperti menanyakan apakah tamu perokok atau tidak dan ingin di ruang merokok atau ruangan bebas merokok.
店員 : 禁煙席と喫煙席とどちらがよろしいでしょうか。
お客様 : 喫煙席おねがいします。
店員 : はい、かしこまりました。
Tenin : Kinenseki to kitsuenseki to dochira ga yoroshii deshouka?
Okyaku sama : Kitsuenseki onegaishimasu.
Tenin : Hai, kashi komarimashita.
Pelayan : Apakah ingin ruangan bebas merokok atau ruangan untuk merokok?
Tamu : Tolong ruang untuk merokok.
Pelayan : Baik (saya mengerti).
Hal yang penting dilakukan dalam pelayanan bisnis kerja adalah bagaimana untuk membuat nyaman tamu, karena kenyamanan tamu akan memberikan nilai yang positif terhadap tempat yang didatangi. Memastikan apa yang dibutuhkan untuk tamu pun merupakan bentuk apresiasi dari pelayanan bisnis kerja, terlebih dari itu kebersihan dari tempat merupakan poin penting lainnya yang harus diperhatikan.
Kebersihan tempat dan kebersihan makanan menjadi penilaian penting dari tamu, tidak hanya sekedar rasa yang enak atau tidak tapi kebersihan pun menjadi hal penting. Restoran yang menyajikan makan terbaik serta pelayanan terbaik akan mendapatkan penilaian kurang baik dari pengunjung bila terdapat kekurangan dalam hal kebersihan.
Misalnya sebuah restoran menyajikan makanan terbaik diantara lainnya, namun sisi tempat untuk pengunjung makan justru tidak memperhatikan kebersihan dan kerapihan atau bahkan pelayanan yang diberikan tidak memuaskan. Tentu tamu akan ragu dan berpikir dua kali untuk kembali ke restoran tersebut. Maka dari itu komponen kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, bagi teman-teman yang belajar bahasa Jepang semangat selalu dalam mempelajari bahasa atau kebudayaan yang ada di Jepang. Ganbarimashou!