Apa yang akan terjadi bila mina san datang ke sebuah restoran untuk memesan makanan, sedangkan pesanan tidak kunjung datang karena keadaan sibuk? Tentu lazimnya sebagai seorang tamu akan mengajukan pertanyaan ‘kenapa makanan saya belum datang?’. Hal tersebut merupakan pertanyaan yang dihindari dalam pelayanan bisnis bidang restoran, karena dengan timbulnya pertanyaan tersebut maka mengindikasikan pelayanan kurang baik tanpa memberikan penjelasan kepada tamu. Maka dari itu, pada materi kali ini kita akan membahas cara melayani tamu dalam keadaan sibuk di restoran.
Setiap pelayanan restoran yang baik akan selalu memberikan informasi kepada tamu. Konteks pemberian informasi di sini adalah menyambut tamu saat datang, kemudian memberikan menu kepada tamu untuk memesan menu. Lalu menyampaikan bahwa berapa lama pesanan akan datang. Hal ini berlaku saat restoran dalam keadaan sibuk atau senggang. Penting untuk selalu memberikan pelayanan terbaik saat melayani tamu agar tamu merasa nyaman.
Dalam bahasa Jepang, terdapat ungkapan-ungkapan yang bisa digunakan saat melayani tamu dalam keadaan sibuk. Pada dasarnya pelayanan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yaitu tetap mengutamakan tamu dan sopan santun. Hanya saja terdapat ungkapan-ungkapan yang biasanya digunakan dan bisa menjadi wawasan tambahan bagi mina san.
ただいままいりますので少々お待ちください。
Tadaima mairimasu node shoushou omachi kudasai.
Sebentar lagi akan datang, jadi mohon tunggu sebentar.
Ungkapan melayani tamu di atas bisa digunakan saat pesanan bagi tamu tidak kunjung datang, namun ungkapan di atas digunakan saat pelayan sudah memberi informasi bahwa tamu menunggu pesanannya masih dalam durasi waktu yang diberitahu. Sedangkan bila pesanan tidak kunjung datang melewati waktu pemberitahuan, maka pelayan diharuskan memberikan informasi kembali kepada tamu agar tamu merasa nyaman. Kendatipun dalam keadaan sibuk, jangan sampai dijadikan alasan untuk memberikan pelayanan yang tidak maksimal.
Sugu ni narimasu.
Akan segera datang.
Bila ungkapan sebelumnya menjelaskan untuk pesanan sebentar lagi akan datang, ungkapan kali ini menjelaskan bahwa pesanan segera datang. Perbedaan dari kedua ungkapan kali ini adalah lamanya menunggu. Apabila ungkapan “tadaima mairimasu node shoushou omachi kudasai” menandakan masih membutuhkan waktu untuk menunggu, kali ini ungkapan “sugu ni narimasu” menandakan bahwa makanan sudah siap disajikan dan akan segera datang. Penting untung selalu melayani tamu kita dengan pelayanan yang terbaik.
Taihen moushiwake gozaimasen.
Mohon maaf sebesar-besarnya.
Ungkapan di atas bisa digunakan sebagai bentuk permintaan maaf saat pesanan tamu tidak kunjung datang. Selain memiliki makna kesopanan, ungkapan di atas juga bisa digunakan saat keadaan sedang sibuk di restoran sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menunggu pesanan datang. Penting juga untuk memberitahu tamu lebih awal mengenai berapa lama waktu untuk menunggu pesanan datang.
Tadaima otsukuri shite orimasu.
Sekarang sedang memasak.
Bila ungkapan-ungkapan sebelumnya digunakan untuk memberikan informasi kepada tamu bahwa makanan sebentar lagi datang atau makanan segera datang, ungkapan di atas digunakan untuk menjelaskan bahwa pesanan dari tamu sedang dimasak. Sehingga tamu selalu mengetahui kapan makanan akan datang, dalam keadaan sibuk pun sebuah restoran yang baik harus selalu melayani tamu dengan maksimal tanpa terkecuali.
Omatase itashimashita
Terima kasih karena telah menunggu
Ungkapan terakhir yang bisa digunakan saat melayani tamu dalam keadaan sibuk adalah omatase itashimashita, ungkapan ini memberikan kesan terima kasih sekaligus permintaan maaf karena sudah menunggu dengan waktu lama. Tamu akan memberikan apresiasi yang positif karena dilayani dengan baik, pastikan pesanan tamu sudah terpenuhi semuanya. Bila ada pesanan terlewat , kembali tanyakan kepada tamu atau apakah tamu ingin memesan pesanan tambahan atau tidak.
A : すみません、ご注文はまだ時間が入りますか
B : 大変もうしわけございません。ただいまお作りしております
A : そうですか
B : ただいままいりますので少々お待ちください。
A : sumimasen, gochuumon wa mada jikan ga irimasuka
B : taihen moushiwake gozaimasen. Tadaima otsukuri shite orimasu
A : Soudesuka
B : tadaima mairimasu node shoushou omachi kudasai.
A : permisi, apakah pesanannya masih membutuhkan waktu?
B : mohon maaf sebesar-besarnya, sekarang sedang memasak
A : oh begitu ya
B : karena sebenar lagi akan datang, mohon tunggu sebentar.
Contoh percakapan di atas merupakan bentuk sederhana dari tamu yang bertanya pesanannya tidak kunjung datang dalam keadaan sibuk, sebagai restoran yang selalu melayani tamu dengan pelayanan terbaik. Pelayanan harus memastikan tamu merasa nyaman dan memberikan informasi selalu setiap saat, kenyamanan tamu merupakan priorias dalam keadaan apapun bahkan dalam keadaan sibuk.
Setelah mengerti dan memahami mengenai ungkapan-ungkapan di atas, bisa disimpulkan pada pembahasan berikut adalah bagaimana cara melayani tamu dalam keadaan sibuk di restoran, berikut merupakan ungkapan-ungkapan yang biasanya digunakan :
ただいままいりますので少々お待ちください。
Tadaima mairimasu node shoushou omachi kudasai.
Sebentar lagi akan datang, jadi mohon tunggu sebentar.
すぐになります
Sugu ni narimasu
Akan segera datang
ただいまお作りしております
Tadaima otsukuri shite orimasu
Sekarang sedang memasak
大変もうしわけございません
Taihen moushiwake gozaimasen
Mohon maaf sebesar-besarnya
お待たせいたしました
Omatase itashimashita
Terima kasih karena telah menunggu
Itulah ungkapan-ungkapan yang biasanya digunakan saat melayani tamu dalam keadaan sibuk di restoran, pastikan selalu tersenyum sebagai bentuk keramahan. Agar tamu merasa dilayani dengan baik, dan selalu gunakan bahasa sopan saat berkomunikasi dengan tamu. Apakah mina san sudah siap memesan di restoran? Jangan khawatir bila restoran dalam keadaan sibuk, hal tersebut berarti restoran yang mina san datangi merupakan tempat terkenal karena banyak tamu. Mari memesan makanan di restoran menggunakan bahasa Jepang!