Terakhir kali, Anda mempelajari cara menggunakan objek dengan kata kerja Jepang, seperti 本 (ほ ん) を 読 (よ) み ま す. Kemudian jika ingin mengatakan “Saya akan membaca buku di perpustakaan,” bagaimana semestinya? Di sini, Anda akan belajar bagaimana memberikan lebih banyak konteks dengan menggunakan partikel で.
Anda telah mempelajari tiga struktur kalimat sejauh ini, yaitu (1) Status-of-Being: 私 (わ た し) は 先生 (せ ん せ い) だ, (2) Subject + Verb: 私 (わ た し) は 走 (は し) る, dan (3) Subjek + Objek + Kata Kerja: 私 (わ た し) は 歌 (う た) を 歌 (う た) う. Karena で dapat mengekspresikan informasi tambahan, Anda dapat menambahkan bagian で di mana saja sebelum kata kerja dalam sebuah kalimat. Mari kita bahas tujuh fungsi.
[私(わたし)は / が] | 図(と)書館(しょかん)で | 本(ほん)を | 読(よ)む / 読(よ)みます |
[Topik/ Subyek] | Lokasi aksi | Obyek langsung | Kata kerja |
[Saya akan] membaca buku di perpustakaan. |
Fungsinya yang pertama adalah untuk menunjukkan lokasi kegiatan/aksi.
Contoh kalimat:
学校(がっこう)でケンは勉(べん)強(きょう) (する / します)。
Gakkou de Ken wa benkyou (suru/shimasu). |
ケンは家(いえ)でごはんを(食(た)べる / 食(た)べます)。
Ken wa ie de gohan wo (taberu/tabemas). |
ケンは絵(え)を山(やま)で(書(か)く / 書(か)きます)。
Ken wa e wo yama de (kaku/kakimasu). |
川(かわ) で・を (泳(およ)ぐ / 泳(およ)ぎます)。
Kawa de/wo (oyogu/oyogimasu).
Berenang di sungai.
Anda dapat menggunakan で atau を saat semua tindakan dilakukan di satu lokasi. Namun, nuansanya berbeda. Saat Anda menggunakan で, Anda cenderung fokus pada tindakan dan saat Anda menggunakan を, Anda cenderung fokus pada lokasi, e. g. Di mana kita bisa berenang? => 川 で 泳 ぐ (* Tempat tidak harus sungai) dan “Bagaimana kita bisa menyeberang sungai?” => 川 を 泳 ぐ (* Anda harus berenang di sungai).
交(こう)差(さ)点(てん) で・ (待(ま)つ / 待(ま)ちます)。
Kousaten de matsu/machimasu.
Menunggu di perempatan.
dalam konteks ini, Anda hanya bisa menggunakan で karena 待つ(matsu); menunggu, tidak memerlukan lokasi untuk melakukan, namun obyek langsung. Jadi, jika Anda menggunakan を, maka itu akan berarti “saya akan menunggu perempatan”, yang tidak masuk akal.
[私(わたし)は / が]
Watashi wa/ga |
紙(かみ)で
kami de |
椅子(いす)を isu wo |
作(つく)る / 作(つく)ります tsukuru/tsukurimasu |
[Topik/subyek] | bahan | Obyek langsung | Kata kerja |
(Saya akan) membuat kursi dengan (menggunakan) kertas | |||
Fungsi kedua adalah untuk menunjukkan bahan. Fungsi ini biasanya digunakan dengan obyek langsung yang diikuti oleh partikel を。
Contoh:
リンゴでダンはジュースを(作(つく)る / 作(つく)ります)。
Ringo de dan wa juusu wo (tsukuru/tsukurimasu). |
ダンは家(いえ)を木(き)で(建(た)てる / 建(た)てます)。
Dan wa ie wo ki de (tateru/tatemasu). |
[私(わたし)は / が]
Watashi wa/ga |
タクシーで
Takushi de |
学校(がっこう)に
Gakkou ni |
行(い)く / 行(い)きます
Iku/ikimasu |
[Topik/subyek] | arti | destinasi | Kata kerja |
(Saya akan) pergi ke sekolah dengan taksi |
Fungsi ketiga untuk menunjukkan arti. Penggunaan ini muncul dengan elemen seperti tujuan (に), objek langsung (を), dan lawan untuk berinteraksi (と).
Contoh kalimat:
電車(でんしゃ)でボブは家(いえ)に(帰(かえ)る / 帰(かえ)ります)。
Densha de Bob wa ie ni (kaeru/kaerimasu). |
ボブはパソコンで書類(しょるい)を(作(つく)る / 作(つく)ります)。
Bob wa pasokon de shorui wo (tsukuru/tsukurimasu). |
ボブは友達(ともだち)と電(でん)話(わ)で(話(はな)す / 話(はな)します)。
Bob wa tomodachi to denwa de (hanasu/hanashimasu). |
[私(わたし)は / が]
Watashi wa/ga |
風邪(かぜ)で
Kaze de |
仕(し)事(ごと)を shigoto wo |
休(やす)む / 休(やす)みます
Yasumu/yasumimasu |
[Topik/subyek] | Alasan | Lokasi untuk pergi | Kata kerja |
[Saya akan] absen dari berkerja karena masuk angin |
Fungsi keempat adalah untuk menunjukkan alasan
電車(でんしゃ)が雪(ゆき)で(止(と)まる / 止(と)まります)。
Densha ga yuki de (tomaru/tomarimasu). |
台風(たいふう)で飛(ひ)行(こう)機(き)が(遅(おく)れる / 遅(おく)れます)。
Taifu de hikouki ga okureru/okuremasu. |
[私(わたし)は / が]
Watashi wa/ga |
1(いち)時(じ)間(かん)で
Ichijikan de |
会社(かいしゃ)に
Kaisha ni |
着(つ)く / 着(つ)きます
Tsuku/tsukimasu |
[Topik/subyek] | Rentang waktu | destinasi | Kata kerja |
[saya akan] tiba di kantor dalam sejam |
Fungsi ke lima adalah untuk menunjukkan rentang waktu. Ini juga di implementasi untuk menunjukkan periode.
Contoh kalimat:
マンガは世(せ)界(かい)で有名(ゆうめい)(だ / です)。
Manga wa sekai de yuumei (da/desu). |
野(や)球(きゅう)はアメリカで人(にん)気(き)(だ / です)。
Yakyuu wa Amerika de ninki (da/desu). |
研(けん)究(きゅう)が夏(なつ)で(終(お)わる / 終(お)わります)。
Kenkyuu ga natsu de owaru/owarimasu. |
5(ご)分(ふん)でごはんを(食(た)べる / 食(た)べます)。
Gofun de gohan wo taberu/ tabemasu. |
Namun demikian, ada kalanya kita tidak menggunakan partikel で walaupun kita menunjukkan periode/rentang waktu. Jika kita ingin menunjukkan kegiatan yang memakan waktu sebentar, dan dalam hal ini partikel で tidak umum untuk digunakan. Jika Anda menggunakan partikel で, ini mengindikasikan bahwa kita akan menyelesaikan kegiatan.
Coba perhatikan contoh berikut ini:
1(いち)時(じ)間(かん)宿(しゅく)題(だい)を(する / します)。
Ichijikan shukudai wo shimasu. |
1(いち)時(じ)間(かん)で宿(しゅく)題(だい)を(する / します)。
Ichijikan de shukudai wo shimasu. |
Ketika kita menunjukkan aksi yang memerlukan waktu sebentar seperti ““着(つ)く: sampai” dan “起(お)きる: bangun,” kita harus menggunakan partikel で。
Perhatikan contoh ini: Saat kita ingin menyampaikan bahwa “Saya akan bangun dalam 5 menit”, alih-alih menggunakan:
後5分おきます。
Ato go fun okimasu.
Kita harus menggunakan pola kalimat yang benar yaittu:
後(あと)5(ご)分(ふん)で起(お)きます。
Ato gofun de okimasu
[私(わたし)は / が] | 100(ひゃく)万円(まんえん)で | 車(くるま)を | 買(か)う / 買(か)います |
[Subyek] | jumlah | Obyek langsung | Kata kerja |
Saya akan membeli mobil seharga 1 juta Yen |
Fungsi yang ke-6 adalah untuk menunjukkan jumlah. Dalam konteks ini, でdapat ditempatkan setelah setiap kata yang menunjukkan kuantitas.
Berikut adalah contoh kalimatnya:
7. Menunjukkan Status/Keadaan
[私(わたし)は / が]
Watashi wa/ga |
裸(はだか)で hadaka de |
川(かわ)を kawa wo |
泳(およ)ぐ / 泳(およ)ぎます
Oyogu/oyogimasu. |
[Topik/subyek] | keadaan | Lokasi untuk melakukan | Kata kerja |
Saya akan berenang dalam keadaan telanjang di sungai. |
Fungsi yang terakhir adalah untuk menunjukkan keadaan atau status. Berikut ini adalah contoh lainnya:
Hadashi de arukimasu.
Saya berjalan dengan telanjang kaki.
Kimono de Kyouto ni Ikimasu.
Saya akan pergi ke Kyoto memakai kimono.
Kini kita dapat menggunakan partikel で untuk menunjukkan berbagai hal. Menghafal semua fungsi tersebut mungkin tidak mudah, namun ini adalah partikel yang sangat berguna dan penting jika kita bisa menggunakannya. Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan simak terus materi terbaru dari N5-N1 di situs https://jepang-indonesia.co.id/