Curriculum
Course: Materi Tata Bahasa JLPT N5 | Lengkap
Login

Curriculum

Materi Tata Bahasa JLPT N5 | Lengkap

List Materi

0/45
Text lesson

Penggunaan 7 Fungsi Partikel で 

Terakhir kali, Anda mempelajari cara menggunakan objek dengan kata kerja Jepang, seperti 本 (ほ ん) を 読 (よ) み ま す. Kemudian jika ingin mengatakan “Saya akan membaca buku di perpustakaan,” bagaimana semestinya? Di sini, Anda akan belajar bagaimana memberikan lebih banyak konteks dengan menggunakan partikel で.

Penjelasan tentang penggunaan fungsi partikel で

Anda telah mempelajari tiga struktur kalimat sejauh ini, yaitu (1) Status-of-Being: 私 (わ た し) は 先生 (せ ん せ い) だ, (2) Subject + Verb: 私 (わ た し) は 走 (は し) る, dan (3) Subjek + Objek + Kata Kerja: 私 (わ た し) は 歌 (う た) を 歌 (う た) う. Karena で dapat mengekspresikan informasi tambahan, Anda dapat menambahkan bagian で di mana saja sebelum kata kerja dalam sebuah kalimat. Mari kita bahas tujuh fungsi.

7Fungsi partikel で

1. Lokasi Aksi

[私(わたし)は / が] 図(と)書館(しょかん) 本(ほん)を 読(よ)む / 読(よ)みます
[Topik/ Subyek] Lokasi aksi Obyek langsung Kata kerja
[Saya akan] membaca buku di perpustakaan.

Fungsinya yang pertama adalah untuk menunjukkan lokasi kegiatan/aksi.

Contoh kalimat:

学校(がっこう)ケンは勉(べん)強(きょう) (する / します)。

Gakkou de Ken wa benkyou (suru/shimasu).
Ken akan belajar di sekolah.

ケンは家(いえ)ごはんを(食(た)べる / 食(た)べます)。

Ken wa ie de gohan wo (taberu/tabemas).
Ken akan makan di rumahnya.

ケンは絵(え)を山(やま)(書(か)く / 書(か)きます)。

Ken wa e wo yama de (kaku/kakimasu).
Ken akan menggambar di gunung.

(Topik lanjutan) で: Lokasi aksi VS. を: Lokasi untuk lulus.

川(かわ)  (泳(およ)ぐ / 泳(およ)ぎます)。

Kawa de/wo (oyogu/oyogimasu).

Berenang di sungai.

 Anda dapat menggunakan で atau を saat semua tindakan dilakukan di satu lokasi. Namun, nuansanya berbeda. Saat Anda menggunakan で, Anda cenderung fokus pada tindakan dan saat Anda menggunakan を, Anda cenderung fokus pada lokasi, e. g. Di mana kita bisa berenang? => 川 で 泳 ぐ (* Tempat tidak harus sungai) dan “Bagaimana kita bisa menyeberang sungai?” => 川 を 泳 ぐ (* Anda harus berenang di sungai).

交(こう)差(さ)点(てん) ・ (待(ま)つ / 待(ま)ちます)。

Kousaten de matsu/machimasu.

Menunggu di perempatan.

dalam konteks ini, Anda hanya bisa menggunakan で karena 待つ(matsu); menunggu, tidak memerlukan lokasi untuk melakukan, namun obyek langsung. Jadi, jika Anda menggunakan を, maka itu akan berarti “saya akan menunggu perempatan”, yang tidak masuk akal.

2. Menunjukkan bahan

[私(わたし)は / が]

Watashi wa/ga

紙(かみ)

kami de

椅子(いす)を
isu wo
作(つく)る / 作(つく)ります
tsukuru/tsukurimasu
[Topik/subyek] bahan Obyek langsung Kata kerja
 (Saya akan) membuat kursi dengan (menggunakan) kertas

Fungsi kedua adalah untuk menunjukkan bahan. Fungsi ini biasanya digunakan dengan obyek langsung yang diikuti oleh partikel を。

Contoh:

リンゴダンはジュースを(作(つく)る / 作(つく)ります)。

Ringo de dan wa juusu wo (tsukuru/tsukurimasu).
Dan will make juice by [using] apples.

ダンは家(いえ)を木(き)(建(た)てる / 建(た)てます)。

Dan wa ie wo ki de (tateru/tatemasu).
Dan will build a house by [using] wood.

3.  Menunjukan arti

[私(わたし)は / が]

Watashi wa/ga

タクシー

Takushi de

学校(がっこう)に

Gakkou ni

行(い)く / 行(い)きます

Iku/ikimasu

[Topik/subyek] arti destinasi Kata kerja
(Saya akan) pergi ke sekolah dengan taksi

Fungsi ketiga untuk menunjukkan arti. Penggunaan ini muncul dengan elemen seperti tujuan (に), objek langsung (を), dan lawan untuk berinteraksi (と).

Contoh kalimat:

電車(でんしゃ)ボブは家(いえ)に(帰(かえ)る / 帰(かえ)ります)。

Densha de Bob wa ie ni (kaeru/kaerimasu).
Bob akan pulang ke rumah dengan kereta.

ボブはパソコン書類(しょるい)を(作(つく)る / 作(つく)ります)。

Bob wa pasokon de shorui wo (tsukuru/tsukurimasu).
Bob akan membuat dokumen dengan PC.

ボブは友達(ともだち)と電(でん)話(わ)(話(はな)す / 話(はな)します)。

Bob wa tomodachi to denwa de (hanasu/hanashimasu).
Bob akan berbicara dengan teman saya di telepon.

4. Menunjukkan alasan (Penyebab)

[私(わたし)は / が]

Watashi wa/ga

風邪(かぜ)

Kaze de

仕(し)事(ごと)を
shigoto wo
休(やす)む / 休(やす)みます

Yasumu/yasumimasu

[Topik/subyek] Alasan Lokasi untuk pergi Kata kerja
[Saya akan] absen dari berkerja karena masuk angin

Fungsi keempat adalah untuk menunjukkan alasan

電車(でんしゃ)が雪(ゆき)(止(と)まる / 止(と)まります)。

Densha ga yuki de (tomaru/tomarimasu).
Kereta akan berhenti karena salju

台風(たいふう)飛(ひ)行(こう)機(き)が(遅(おく)れる / 遅(おく)れます)。

Taifu de hikouki ga okureru/okuremasu.
Penerbangan akan terlambat karena ada topan.

5. Rentang waktu (Periode)

[私(わたし)は / が]

Watashi wa/ga

1(いち)時(じ)間(かん)

Ichijikan de

会社(かいしゃ)に

Kaisha ni

着(つ)く / 着(つ)きます

Tsuku/tsukimasu

[Topik/subyek] Rentang waktu destinasi Kata kerja
[saya akan] tiba di kantor dalam sejam

Fungsi ke lima adalah untuk menunjukkan rentang waktu. Ini juga di implementasi untuk menunjukkan periode.

Contoh kalimat:

マンガは世(せ)界(かい)有名(ゆうめい)(だ / です)。

Manga wa sekai de yuumei (da/desu).
Manga terkenal di dunia.

野(や)球(きゅう)はアメリカ人(にん)気(き)(だ / です)。

Yakyuu wa Amerika de ninki (da/desu).
Baseball terkenal di Amerika.

研(けん)究(きゅう)が夏(なつ)(終(お)わる / 終(お)わります)。

Kenkyuu ga natsu de owaru/owarimasu.
Penelitian ini akan berakhir pada musim panas.

5(ご)分(ふん)ごはんを(食(た)べる / 食(た)べます)。

Gofun de gohan wo taberu/ tabemasu.
Saya akan makan dalam waktu 5 menit.

(Tambahan) Durasi dengan atau tanpa

Namun demikian, ada kalanya kita tidak menggunakan partikel で walaupun kita menunjukkan periode/rentang waktu. Jika kita ingin menunjukkan kegiatan yang memakan waktu sebentar, dan dalam hal ini partikel で tidak umum untuk digunakan. Jika Anda menggunakan partikel で, ini mengindikasikan bahwa kita akan menyelesaikan kegiatan.

Coba perhatikan contoh berikut ini:

1(いち)時(じ)間(かん)宿(しゅく)題(だい)を(する / します)。

Ichijikan shukudai wo shimasu.
Saya akan mengerjakan PR dalam sejam.

1(いち)時(じ)間(かん)宿(しゅく)題(だい)を(する / します)。

Ichijikan de shukudai wo shimasu.
Saya akan menyelesaikan PR saya dalam sejam.

Ketika kita menunjukkan aksi yang memerlukan waktu sebentar seperti ““着(つ)く: sampai” dan “起(お)きる: bangun,” kita harus menggunakan partikel で。

Perhatikan contoh ini: Saat kita ingin menyampaikan bahwa “Saya akan bangun dalam 5 menit”, alih-alih menggunakan:

後5分おきます。

Ato go fun okimasu.

Kita harus menggunakan pola kalimat yang benar yaittu:

後(あと)5(ご)分(ふん)起(お)きます。

Ato gofun de okimasu

6. Menunjukkan Jumlah

[私(わたし)は / が] 100(ひゃく)万円(まんえん) 車(くるま)を 買(か)う / 買(か)います
[Subyek] jumlah Obyek langsung Kata kerja
Saya akan membeli mobil seharga 1 juta Yen

Fungsi yang ke-6 adalah untuk menunjukkan jumlah. Dalam konteks ini, でdapat ditempatkan setelah setiap kata yang menunjukkan kuantitas.

Berikut adalah contoh kalimatnya:

  1. 10(じゅう)人(にん)サッカーを(する / します)。
  2. 歌(うた)をみんな(歌(うた)う / 歌(うた)います)。
  3. 一人(ひとり)勉(べん)強(きょう)(する / します)。

7. Menunjukkan Status/Keadaan

[私(わたし)は / が]

Watashi wa/ga

裸(はだか)
hadaka de
川(かわ)を
kawa wo
泳(およ)ぐ / 泳(およ)ぎます

Oyogu/oyogimasu.

[Topik/subyek] keadaan Lokasi untuk melakukan Kata kerja
Saya akan berenang dalam keadaan telanjang di sungai.

Fungsi yang terakhir adalah untuk menunjukkan keadaan atau status. Berikut ini adalah contoh lainnya:

  1. 裸足(はだし)歩(ある)きます。

Hadashi de arukimasu.

Saya berjalan dengan telanjang kaki.

  1. 着(き)物(もの)京(きょう)都(と)に行(い)きます。

Kimono de Kyouto ni Ikimasu.

Saya akan pergi ke Kyoto memakai kimono.

Kesimpulan

Kini kita dapat menggunakan partikel で untuk menunjukkan berbagai hal. Menghafal semua fungsi tersebut mungkin tidak mudah, namun ini adalah partikel yang sangat berguna dan penting jika kita bisa menggunakannya. Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan simak terus materi terbaru dari N5-N1 di situs https://jepang-indonesia.co.id/